Senin, 29 Oktober 2012

Memunculkan Ideaship dalam Organisasi

Agar konsep ideaship bisa muncul dalam organisasi yang Anda pimpin, maka yang mesti dilakukan adalah,

  • Anda dan Pengurus Organisasi sama-sama Bekerja sama

Tak sedikit leader dalam organisasi kerap memandang bahwa orang-orang yang berada di dalam struktur adalah orang yang bekerja dengannya. Padahal, sejatinya tidak. Konsep keliru inilah yang menjadikan organisasi tak dapat berkembang dan bekerja dengan dinamis.

Seharusnya, leader memahami bahwa orang-orang yang tercantum di dalam struktur adalah orang-orang yang bekerjasama dengan Anda. Bukan mereka bekerja untuk Anda.  Sehingga setiap kali ada masalah, Anda meminta mereka mengeluarkan pendapat. Jangan pernah meminta mereka untuk mengeluarkan satu ide dalam menyelesaikan masalah, tapi mintalah lebih.

Tujuannya adalah, agar mereka bisa memilih ide mana yang mesti dilakukannya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi di dalam organisasi. Dengan adanya ‘banjir’ ide, organisasi bisa menjadi ide yang belum terlaksana menjadi cadangan ide. Bila mentok, dapat menggunakan ide lain yang waktu lebih cepat untuk menyelesaikan masalah.

  • Pastikan Mereka Menyukai Anda

Jika Anda seorang leader, jadikanlah orang-orang yang berada di bawah struktur benar-benar menyukai Anda. Maka langkah yang mesti Anda lakukan terlebih dahulu adalah, Anda menyukai mereka.

Minimalisir pepetah kuno yang mengatakan, ‘tidak peduli apakah orang lain suka pada Anda ataupun tidak sepanjang mereka menghargai dan menghormati Anda’. Pepatah ini tdak layak masuk dibawa di dalam organisasi.

Pasalnya, yang akan terjadi hanyalah rasa hormat saja. Orang-orang yang berada di dalam struktur hanya bekerja sebatas bekerja. Ia tidak peduli apakah organisasi yang ia berada di dalamnya maju atau tidak. Jika dalam bentuk perusahaan, ia hanya bekerja untuk mendapatkan gaji. Ia tidak memikirkan bagaimana perusahaan yang menjadi lumbung gajinya maju atau tidak.

Tentu saj hal ini tidak baik di dalam organisasi. Seharusnya mereka bekerja untuk  diri mereka, bukan untuk Anda. Karena itu, Anda mesti membuat orang yang berada di dalam struktur menyukai Anda.

  • Terima Kesalahan, Obral Pujian

Di dalam bekerja terjadi kesalahan adalah hal yang biasa. Jika orang yang berada di bawah struktur kepemimpinan Anda melakukan kesalahan, jangan serta-merta Anda memarahi. Tapi berilah pujian. Dengan kesalahan yang dibuatnya kita menjadi tahu bahwa langkah yang seperti itu salah. Segeralah catat proses kerja demikian agar tidak terulangi lagi.

Lalu mintalah orang yang melakukan kesalahan memikirkan ide apa yang mesti dilakukannya agar target yang ingin dicapai organisasi berhasil. Anda jangan meminta satu ide, tapi mintalah beberapa ide. Lalu ajak ia sama-sama memikirkan langkah-langkah yang mesti dilakukan.

Di sini Anda menjadi orang-orang yang pura bodoh, tapi sebenarnya hanya ingin menjadikan orang yang berada di bawah kepemimpinan Anda mejadi orang yang lebih bertanggungjawab dengan tugasnya, menjadikannya benar-benar mencintai pekerjaan dan berusaha membuatnya menjadi pintar dengan ide-ide yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar