Memunculkan Ideaship dalam Organisasi
Agar konsep ideaship bisa muncul dalam organisasi yang Anda pimpin, maka yang mesti dilakukan adalah,
-
Anda dan Pengurus Organisasi sama-sama Bekerja sama
Tak sedikit leader
dalam organisasi kerap memandang bahwa orang-orang yang berada di dalam
struktur adalah orang yang bekerja dengannya. Padahal, sejatinya tidak.
Konsep keliru inilah yang menjadikan organisasi tak dapat berkembang
dan bekerja dengan dinamis.
Seharusnya, leader
memahami bahwa orang-orang yang tercantum di dalam struktur adalah
orang-orang yang bekerjasama dengan Anda. Bukan mereka bekerja untuk
Anda. Sehingga setiap kali ada masalah, Anda meminta mereka
mengeluarkan pendapat. Jangan pernah meminta mereka untuk mengeluarkan
satu ide dalam menyelesaikan masalah, tapi mintalah lebih.
Tujuannya
adalah, agar mereka bisa memilih ide mana yang mesti dilakukannya dalam
menyelesaikan masalah yang dihadapi di dalam organisasi. Dengan adanya
‘banjir’ ide, organisasi bisa menjadi ide yang belum terlaksana menjadi
cadangan ide. Bila mentok, dapat menggunakan ide lain yang waktu lebih
cepat untuk menyelesaikan masalah.
-
Pastikan Mereka Menyukai Anda
Jika
Anda seorang leader, jadikanlah orang-orang yang berada di bawah
struktur benar-benar menyukai Anda. Maka langkah yang mesti Anda lakukan
terlebih dahulu adalah, Anda menyukai mereka.
Minimalisir
pepetah kuno yang mengatakan, ‘tidak peduli apakah orang lain suka pada
Anda ataupun tidak sepanjang mereka menghargai dan menghormati Anda’.
Pepatah ini tdak layak masuk dibawa di dalam organisasi.
Pasalnya,
yang akan terjadi hanyalah rasa hormat saja. Orang-orang yang berada di
dalam struktur hanya bekerja sebatas bekerja. Ia tidak peduli apakah
organisasi yang ia berada di dalamnya maju atau tidak. Jika dalam bentuk
perusahaan, ia hanya bekerja untuk mendapatkan gaji. Ia tidak
memikirkan bagaimana perusahaan yang menjadi lumbung gajinya maju atau
tidak.
Tentu
saj hal ini tidak baik di dalam organisasi. Seharusnya mereka bekerja
untuk diri mereka, bukan untuk Anda. Karena itu, Anda mesti membuat
orang yang berada di dalam struktur menyukai Anda.
-
Terima Kesalahan, Obral Pujian
Di
dalam bekerja terjadi kesalahan adalah hal yang biasa. Jika orang yang
berada di bawah struktur kepemimpinan Anda melakukan kesalahan, jangan
serta-merta Anda memarahi. Tapi berilah pujian. Dengan kesalahan yang
dibuatnya kita menjadi tahu bahwa langkah yang seperti itu salah.
Segeralah catat proses kerja demikian agar tidak terulangi lagi.
Lalu
mintalah orang yang melakukan kesalahan memikirkan ide apa yang mesti
dilakukannya agar target yang ingin dicapai organisasi berhasil. Anda
jangan meminta satu ide, tapi mintalah beberapa ide. Lalu ajak ia
sama-sama memikirkan langkah-langkah yang mesti dilakukan.
Di
sini Anda menjadi orang-orang yang pura bodoh, tapi sebenarnya hanya
ingin menjadikan orang yang berada di bawah kepemimpinan Anda mejadi
orang yang lebih bertanggungjawab dengan tugasnya, menjadikannya
benar-benar mencintai pekerjaan dan berusaha membuatnya menjadi pintar
dengan ide-ide yang dimilikinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar